Jumat, 05 Maret 2010

Partition (2007) - Film


Category:Movies
Genre: Romance

- Para pemeran

* Jimi Mistry ... Gian Singh
* Kristin Kreuk ... Naseem Khan
* Neve Campbell ... Margaret Stilwell
* John Light ... Walter Hankins
* Irfan Khan ... Avtar
* Madhur Jaffrey ... Shanti Singh
* Arya Babbar ... Akbar Khan
* Lushin Dubey ... Mumtaz
* Chenier Hundal ... Zakir Khan
* Jesse Moss ... Andrew Stilwell
* Jaden Rain ... Vijay Singh


Cinta dan pemisahan. Cerita yang cukup banyak saya kenal.

Banyak pujangga klasik yang menceritakan cerita cinta yang berakhir tragis. Sebut saja satu contoh William Shakespeare dalam romance-tragedy nya yang termasyhur Romeo and Juliet.

Partition, adalah film produksi negara Kanada yang mengisahkan kisah percintaan dan kisah perjuangan penyatuan dari Naseem (Kristin Kreuk), seorang gadis keturunan Muslim, dengan Gian Singh ((Jimi Mistry), seorang pemuda bekas tentara India keturunan Sikh. Setting waktu film ditempatkan pada saat India, tengah hangat-hangatnya dalam proses pemisahan daerah teritorial akibat perbedaan kesukuan dan agama.

Cerita diawali dengan kepulangan Gian dari medan perang dan malah mendapati negaranya telah dalam suatu sengketa perpecahan. Suatu saat Gian bertemu dengan Naseem dalam situasi Naseem terjebak kerusuhan etnis dalam suatu wilayah. Ayahnya terbunuh dalam konflik tersebut akibat ia merupakan seseorang yang beragama Muslim. Gian mempertaruhkan nyawanya saat melindungi Naseem. Bahkan ia menampung Naseem dan memberikan tempat tinggal yang layak pada Naseem, namun ia merahasiakan identitas Naseem yang sebenarnya adalah seorang Muslim, pada orang terdekatnya.

Seiring berjalannya waktu, Naseem dan Gian saling jatuh cinta, dan menikah sesuai adat yang dianut oleh Gian. Beberapa tahun kemudian lahirlah putra mereka (Vijay).

Pada suatu hari tersiar kabar dari seorang koresponden Inggris, bahwa keluarga Naseem datang dan mencapai Pakistan. Mendengar kabar tersebut Naseem pergi ke Pakistan, sesampainya di sana dan bertemu dengan keluarga mereka, Naseem dilarang kembali ke India akibat ia menikahi seorang pemuda Sikh. sehingga ia dipaksa untuk tetap tinggal di Pakistan.

Gian yang menunggu kabar dari Naseem yang tak kunjung datang bersama Vijay yang semakin lama tumbuh besar, mendorong rasa rindunya pada Naseem. Liku-liku ia tempuh mulai dari berusaha merubah keyakinan menjadi Muslim, menempuh perjalanan yang penuh bahaya sampai pada pertentangan dengan keluarga dan birokrasi negara yang tengah dilanda pertikaian etnis yang memanas.

Berhasilkah Gian dan Vijay bertemu dengan Naseem. Berhasilkan usaha Gian dan Naseem dalam menyatukan cinta mereka, di tengah situasi sarat konflik tersebut?

Ini bukan kisah cinta yang menguras air mata, namun lebih dari itu, ini adalah sebuah kisah cinta, pengorbanan dan perjuangan yang mampu mengorek seluruh perasaan dan hati anda.

Anda tidak hanya mendapatkan sebuah kisah cinta tanpa muatan apa-apa, karena balutan konflik keluarga, historis (pemisahan Pakistan dan India) dan kultural (Muslim-Sikh) sangat kental di dalamnya, maka tak salah lagi Partition menjadi tontonan sinema yang berbobot.

1 komentar:

  1. trimakasih reviewnya,, tapi dimana sy bs mendapatkan videonya ya,, saya cari di kanal streaming manapun ga ada videonya,, trimakasih gan

    BalasHapus